Orang Yang Menanggung Dua Atau Satu Anak Perempuan

Bab 41 | ORANG YANG MENANGGUNG DUA ATAU SATU ANAK PEREMPUAN


Hadits ke 76. 'Abdullah bin Yazid mengabarkan kepada kami, ia berkata: Harmalah bin 'Imran Abu Hafsh at-Tujaibi mengabarkan kepada kami dari Abu Usysyanah al-Mu'afiri:


عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ رَسُولَ اللّٰهِ ﷺ يَقُولُ‏:‏ مَنْ كَانَ لَهُ ثَلاَثُ بَنَاتٍ، وَصَبَرَ عَلَيْهِنَّ، وَكَسَاهُنَّ مِنْ جِدَتِهِ، كُنَّ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ‏


Dari 'Uqbah bin 'Amir, ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa mempunyai tiga anak perempuan dan ia bersabar terhadap mereka serta memberi mereka pakaian dari hartanya, maka mereka akan menjadi tirai baginya dari api neraka." 


{ Shahih. HR. Ahmad (4/154), Ibnu Majah: kitab al-Adab, bab Birrul Walid wal Ihsan ilal Banat (3669). Lihat Mishbahuz Zujajah (3/162) dan ash-Shahihah (294 dan 1027).}


Kandungan Hadits:

  1. Terdapat penegasan tentang hak anak perempuan, karena biasanya anak perempuan memiliki kelemahan dalam mengurus kepentingan-kepentingannya. 
  2. Keutamaan memberi nafkah dan berbuat baik kepada anak perempuan.
  3. Perhatian orang tua terhadap anak perempuannya dalam bentuk mendidik dan membesarkannya menjadi penyebab bagi orang tua masuk Surga dan memperoleh derajat yang tinggi di dalamnya.




Hadits ke 77.  Al-Fadhl bin Dukain mengabarkan kepada kami, ia berkata: Fithr mengabarkan kepada kami:


عَنْ شُرَحْبِيلٍ قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ‏:‏ مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُدْرِكُهُ ابْنَتَانِ، فَيُحْسِنُ صُحْبَتَهُمَا، إِلاَّ أَدْخَلَتَاهُ الْجَنَّةَ


Dari Syurahbil, ia berkata, "Aku mendengar Ibnu 'Abbas dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, 'Tidaklah seorang muslim memiliki dua anak perempuan lalu ia memperlakukan keduanya dengan baik melainkan keduanya akan memasukkannya ke dalam Surga."


{ Hasan lighairihi. Isnad ini lemah. Syurahbil bin Sa'id dha'if. Lihat ash-Shahihah (2776). Diriwayatkan oleh Ahmad (1/235), Ibnu Majah: kitab al-Adab, bab Birrul Walid wal Ihsan ilal Banat (3670) dan al-Hakim (4/178). Dan hadits ini memiliki banyak penguat, di antaranya hadits Anas yang akan datang dengan (894).}


Kandungan Hadits:

  • Membesarkan, mendidik, dan berbuat baik kepada anak perempuan menjadi penyebab turunnya rahmat Allah.



Hadits ke 78.  Abu Nu'man mengabarkan kepada kami, ia berkata: Sa'id bin Ziyad mengabarkan kepada kami, ia berkata, 'Ali bin Zaid mengabarkan kepadaku, ia berkata:


حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرُ، أَنَّ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللّٰهِ حَدَّثَهُمْ قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ ﷺ :‏ مَنْ كَانَ لَهُ ثَلاَثُ بَنَاتٍ، يُؤْوِيهِنَّ، وَيَكْفِيهِنَّ، وَيَرْحَمُهُنَّ، فَقَدْ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ الْبَتَّةَ، فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ بَعْضِ الْقَوْمِ‏:‏ وَثِنْتَيْنِ، يَا رَسُولَ اللّٰهِ؟‏ قَالَ‏:‏ وَثِنْتَيْنِ‏


Muhammad bin al-Munkadir mengabarkan kepadaku bahwa Jabir bin 'Abdillah menceritakan kepada mereka, ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa yang mempunyai tiga anak perempuan yang ia melindungi, mencukupi dan menyayangi mereka, niscaya ia akan masuk Surga. Lalu seseorang dari orang-orang yang hadir bertanya, 'Dan (juga) dua orang wahai Rasulullah?' Beliau menjawab, 'Dan juga dua orang." 


{ Hasan. Dalam isnad ini terdapat 'Ali bin Zaid bin Jad'an, dia dha'if, tetapi dia diperkuat. Diriwayatkan oleh Ahmad (3/303), al-Bazzar (1908) melalui 'Ali bin Zaid, dari Ibnul Munkadir. Diriwayatkan juga oleh Abu Ya'la (2207) melalui Sufyan bin Husain, dan al-Bazzar (1908/Kasful Asrar) melalui Sulaiman at-Taimi, ath-Thabrani dalam kitab al-Mu'jamul Ausath (5157) melalui Ayyub as-Sikhtiyani, ketiganya dari Muhammad Ibnul Munkadir. Lihat ash-Shahihah (1027 dan 2492).}


Kandungan Hadits:

  1. Hak anak perempuan lebih ditekankan dari hak anak laki-laki karena lemahnya perempuan dalam mengurus kepentingan-kepentingannya dalam mencari nafkah, berperilaku, dan berpendapat.
  2.  Allah akan memberikan tiket Surga kepada orang tua yang menanggung dengan mengasuh dan memperhatikan kedua anak perempuannya.