Kecintaan Itu Diwariskan

Bab 22  |  KECINTAAN ITU DIWARISKAN


Hadits ke 43.  Bisyr bin Muhammad mengabarkan kepada kami, ia berkata, 'Abdullah mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin 'Abdirrahman mengabarkan kepada kami dari Muhammad bin Fulan bin Thalhah:


عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَزْمٍ، عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ‏:‏ كَفَيْتُكَ أَنَّ رَسُولَ اللّٰهِ ﷺ قَالَ‏:‏  إِنَّ الْوُدَّ يُتَوَارَثُ


Dari Abu Bakar bin Hazm, dari salah seorang Shahabat Nabi ﷺ, ia berkata, "Kucukupkan engkau bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, 'Sesungguhnya kecintaan itu diwariskan."


{Dha'if. Muhammad bin 'Abdirrahman bin Abi Bakr al-Mulaiki dha'if, dan Muhammad bin Fulan majhul. Hadits ini diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam kitab Syu'abul Iman (7899) dengan isnad ini juga. Lihat Adh-Dha'ifah (3161).}


Kandungan Hadits:

  1. Dorongan agar mencintai orang-orang yang bertakwa dan membenci para pelaku maksiat supaya watak ini diwarisi oleh anak keturunan sehingga mereka memperoleh manfaat dalam kehidupan dunia dan akhirat.
  2.  Peringatan agar tidak membenci orang shalih karena hal tersebut akan membahayakannya dalam kehidupan dunia dan akhirat serta hal itu kelak akan diwarisi oleh keturunannya sehingga membahayakan mereka.