Menawarkan Islam Kepada Ibu Yang Beragama Nasrani

Bab 18 | MENAWARKAN ISLAM KEPADA IBU YANG BERAGAMA NASRANI


Hadits ke 34.  Abul Walid Hisyam bin 'Abdil Malik mengabarkan kepada kami, ia berkata, 'Ikrimah bin 'Ammar mengabarkan kepada kami, ia berkata:

حَدَّثَنِي أَبُو كَثِيرٍ السُّحَيْمِيُّ قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ‏:‏ مَا سَمِعَ بِي أَحَدٌ، يَهُودِيٌّ وَلاَ نَصْرَانِيٌّ، إِلاَّ أَحَبَّنِي، إِنَّ أُمِّي كُنْتُ أُرِيدُهَا عَلَى الإِسْلاَمِ فَتَأْبَى، فَقُلْتُ لَهَا، فَأَبَتْ، فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ ﷺ فَقُلْتُ‏:‏ ادْعُ اللّٰهَ لَهَا، فَدَعَا، فَأَتَيْتُهَا، وَقَدْ أَجَافَتْ عَلَيْهَا الْبَابَ، فَقَالَتْ‏:‏ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ، إِنِّي أَسْلَمْتُ، فَأَخْبَرْتُ النَّبِيَّ ﷺ فَقُلْتُ‏:‏ ادْعُ اللّٰهَ لِي وَلِأُمِّي، فَقَالَ‏:‏ اللّٰهُمَّ، عَبْدُكَ أَبُو هُرَيْرَةَ وَأُمُّهُ، أَحِبَّهُمَا إِلَى النَّاسِ‏

Abu Katsir as-Suhaimi mengabarkan kepadaku, ia berkata: Aku mendengar Abu Hurairah berkata, "Tidak ada seorang pun yahudi maupun nasrani yang mendengar tentang aku melainkan dia mencintaiku. Sesungguhnya ibuku kuharapkan masuk Islam tetapi dia menolak. Lalu aku katakan kepadanya (sekali lagi), dia tetap menolak. Maka aku menemui Nabi ﷺ dan aku katakan kepada beliau, 'Do'akanlah ibuku.' Beliau lalu mendo'akannya. Lalu aku menemui ibuku dan kudapati pintunya sedang tertutup. Ibuku lalu berkata, "Wahai Abu Hurairah, aku telah masuk Islam. Maka aku memberitahu Nabi ﷺ dan kukatakan, 'Do'akanlah aku dan ibuku.' Beliau lalu mengucapkan, 'Ya Allah, hamba-Mu; Abu Hurairah dan ibunya, jadikanlah orang-orang mencintai keduanya."

{HR. Muslim: kitab Fadha 'ilush Shahabah, bab Min Fadha 'ili Abi Hurairah (158) lebih komplit riwayatnya daripada di kitab ini.}


Kandungan Hadits:
  1. Hadits di atas menunjukkan bahwa do'a Nabi merupakan do'a yang mustajab dan segera dikabulkan oleh Allah. Hal ini merupakan salah satu bukti kenabian beliau ﷺ
  2. Kecintaan seorang anak agar ibunya memeluk Islam karena ia telah menawarkan Islam kepada ibunya dan meminta agar Rasulullah ﷺ berdo'a hingga ibunya memeluk Islam.