Halaqah 65 ~ Iman Bisa Bertambah dan Berkurang Bag 02

Halaqah 65 ~ Iman Bisa Bertambah dan Berkurang (Bag 02)

📘 Halaqah Silsilah Ushulus Sunnah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله


Beliau mengatakan،

يَزيدُ ويَنقُصُ,

Iman itu bertambah dan juga berkurang,

Ini juga termasuk aqidah Ahlu Sunnah wal jama’ah, dalilnya kita sebutkan diantaranya hadits Nabi ﷺ, beliau mengatakan,

لا يَزْنِي الزَّانِي حِينَ يَزْنِي وهو مُؤْمِنٌ، ولا يَشْرَبُ الخَمْرَ حِينَ يَشْرَبُ وهو مُؤْمِنٌ، ولا يَسْرِقُ حِينَ يَسْرِقُ وهو مُؤْمِنٌ، ولا يَنْتَهِبُ نُهْبَةً، يَرْفَعُ النَّاسُ إلَيْهِ فيها أبْصارَهُمْ حِينَ يَنْتَهِبُها وهو مُؤْمِنٌ

Tidaklah seorang berzina ketika dia berzina dia dalam keadaan beriman.

Jadi seseorang yang berzina ketika dia berzina maka dia dalam keadaan tidak beriman, dan maksud ucapan beliau tidak beriman maksudnya adalah tidak sempurna keimanannya.

Menunjukkan bahwasanya dia berkurang keimanannya,

Kemudian
Dan tidaklah mencuri orang yang mencuri ketika dia mencuri dan dia dalam keadaan beriman,

Artinya ketika dia mencuri dia sedang sangat² berkurang keimanannya, tidak sempurna keimanannya, kalau sempurna keimanannya dia akan takut dia tidak akan berzina tidak akan mencuri,

ولا يَشْرَبُ الخَمْرَ

Dan dia tidaklah minum minuman keras ketika dia meminumnya sedangkan dia dalam keadaan beriman,

Sama, ketika dia meminumnya dalam keadaan sangat lemah keimanannya.

Ini adalah ucapan Nabi ﷺ yang menunjukkan bahwasanya kemaksiatan itu menurunkan iman jadi iman seorang hamba berkurang dengan sebab kemaksiatan.

Nabi ﷺ mengatakan didalam hadits yang lain,

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ.”

Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemungkaran maka hendaklah dia rubah dengan tangannya kalau dia tidak mampu maka dengan lisannya kalau dia tidak mampu maka dengan hatinya yang demikian adalah iman yang paling lemah,

Menunjukkan bahwasanya ada iman yang kuat dan ada iman yang lemah, ada iman yang bertambah ada iman yang berkurang, disana ada ucapan para salafush Sholeh yang menunjukkan bahwasanya Iman itu bertambah dan juga berkurang.

Umar bin Khattab radiallahu taala anhu Khalifah yang kedua mengatakan kepada para shahabatnya/murid²nya

هَلُمُّوا نَزْدَدْ إِيمَانًا

Kesini kalian mari kita menambah keimanan.

Menunjukkan bahwasanya Iman itu bisa bertambah, diantara bertambahnya dengan berkumpul bersama orang-orang yang shaleh mendengarkan ceramah di majlis ilmu ini diantara hal yang akan menumbuhkan/menambahkan keimanan didalam hati kita.

Itulah dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah dan ucapan salaf yang menunjukkan Aqidah Ahlu Sunnah bahwa Iman itu bertambah dan berkurang.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى