Orang Yang Menafkahi Tiga Saudari Perempuan

Bab 42 | ORANG YANG MENAFKAHI TIGA SAUDARI PEREMPUAN


Hadits ke 79  'Abdul Aziz bin 'Abdillah mengabarkan kepada kami, ia berkata, 'Abdul Aziz bin Muhammad mengabarkan kepadaku dari Suhail bin Abi Shalih, dari Sa'id bin Abdirahman bin Mukmil, dari Ayyub bin Basyir al-Mu'awi:


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللّٰهِ ﷺ قَالَ‏:‏ لاَ يَكُونُ لأَحَدٍ ثَلاَثُ بَنَاتٍ، أَوْ ثَلاَثُ أَخَوَاتٍ، فَيُحْسِنُ إِلَيْهِنَّ، إِلاَّ دَخَلَ الْجَنَّةَ‏.‏


Dari Abu Sa'id al-Khudri bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, ""Tidaklah seseorang memiliki tiga orang anak perempuan atau tiga orang saudari perempuan lalu ia memperlakukan mereka dengan baik melainkan niscaya ia masuk Surga"


{ Hasan lighairihi. Isnad ini dha'if karena Ibnu Mukmil majhul dan juga faktor idhthirab padanya. Lihat ash-Shahihah (294). Diriwayatkan oleh Ahmad (3/42), Abu Dawud: kitab al-Adab, bab Fadhlu man 'Ala Yatiman (5147-5148), at-Tirmidzi: kitab al-Birr wash-Shilah, bab Ma Ja a fi Nafaqatil Banat wal Akhawat (1913), dan ini diperkuat oleh hadits-hadits bab sebelum ini, hadits 'Auf bin Malik, dan hadits Ummu Salamah riwayat Ahmad (6/27 dan 248).}


Penjelasan Kata:


فَيُحْسِنُ إِلَيْهِنَّ

Berbuat baik kepada mereka, mencakup semua hal yang terpuji, baik dalam pendidikan, nafkah, perilaku yang baik dan sejenisnya.


Kandungan Hadits:

  1. Kabar gembira berupa Surga bagi orang-orang yang mengasuh dan memperhatikan anak perempuan atau saudari perempuannya dengan sebaik-baiknya.
  2. Keutamaan berbuat baik kepada anak-anak perempuan, memberi mereka nafkah, bersabar atas mereka, dan semua hal yang berkaitan dengan mereka.