Syirik Adalah Dosa Besar


Dosa Besar Ke 1 : Syirik


Dosa besar yang pertama adalah Syirik. Syirik adalah anda menjadikan suatu tandingan (sekutu) bagi Allah, padahal Dia-lah yang menciptakan anda, dan anda menyembah selainNya berupa batu, pohon, bulan, nabi, Syaikh, jin, bintang, malaikat atau hal semacamnya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 48)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

اِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِكْ بِا للّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَـنَّةَ وَمَأْوٰٮهُ النَّارُ ۗ وَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

"Sesungguhnya barang siapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 72)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

اِنَّ الشِّرْكَ لَـظُلْمٌ عَظِيْمٌ

"Sesungguhnya mempersekutukan Allah (syirik) adalah benar-benar kezaliman yang besar."
(QS. Luqman 31: Ayat 13)

Dan ayat-ayat mengenai dosa besar ini sangatlah banyak.

Karena itu barangsiapa yang menyekutukan Allah, kemudian dia mati dalam keadaan musyrik, maka dia termasuk penduduk neraka, secara qath'i (tidak bisa dibantah). Sebagaimana halnya orang yang beriman kepada Allah, lalu dia mati dalam keadaan mukmin, maka dia termasuk penduduk surga, sekalipun dia (mungkin akan .terlebih dahulu) diazab di neraka (karena dosa-dosa selain syirik yang pernah dilakukannya).

Dan Nabi  bersabda :

... أَلاَ أُنَبِّـُٔكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَا ـِٔرِ ؟ اَلإِْشْرَاكُ بِاللّٰهِ

"Maukah aku tunjukkan kepada kalian dosa besar yang paling besar?  Yaitu : Syirik kepada Allah..." Al-Hadits [1]

Nabi  bersabda ;

... اِجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوْبِقَاتِ

"Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan..." [2] Kemudian beliau menyebutkan diantaranya adalah syirik.

Dan Nabi  bersabda:

مَنْ بَدَّلَ دِتْنَهُ فَاقْتُلُوْهُ

"Barangsiapa yang mengganti agamanya (murtad), maka bunuhlah dia." [3]


•--------------••✵🌴🕋🌴✵••---------------•

[1]. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, kitab asy-syahadat, bab Ma Qila Fi Syahadat az-Zur, no.2654; dan Muslim, kitab al-Iman, Bab Bayan al-kaba'ir, no. 87.

[2]. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Kitab al-Washaya, bab Qaulullah, no. 2766; dan Muslim, kitab al-Iman, bab Bayan al-Kaba'ir wa Akbariha, no. 89.

[3]. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, kitab al-Jihad, bab La Yu'adzdzabu bi Adzabillah, no. 3017;  At-Tirmidzi, kitab al-Hudud, bab Fi al-Murtad, no. 1458;  Abu Dawud, kitab al-Hudud, Bab al-Hukmi fi man Irtadda, no. 4351;  An-Nasa'i, kitab Tahrim ad-Dam, Bab al-Hukmi fi al-Murtad, 7/103;  Ibnu Majah, kitab al-Hudud, Bab al-Murtad an Dinihi, no. 2535;  dan Imam Ahmad didalam al-Musnad, 1/282.









Sumber:
76 Dosa Besar yang Dianggap Biasa
Al-Imam al-Hafizh adz-Dzahabi