Halaqah 08 ~ Bertabarruk (Mencari Barakah)

Silsilah Belajar Tauhid

Halaqah 08 ~ Bertabarruk (Mencari Berkah)



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ,السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله و على آله و صحبه أجمعين

📘 Silsilah Ilmiyyah 1 Belajar Tauhid
🔊 Halaqah 08 ~ Bertabarruk (Mencari Barakah)

Barokah adalah banyaknya kebaikan dan langgengnya. Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah Dzat yang berbarokah artinya banyak kebaikanNya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

تبرك لله رب العالمين

''Dan Allah adalah Dzat yang memberikan keberkahan atau kebaikan kepada sebagian makhlukNya sehingga makhluk tersebut menjadi Makhluk yang berbarokah dan banyak kebaikanya''.

Allah Subhanahu wa Ta'ala juga berfirman:
تبرك لله رب العالمين

"Sesungguhnya rumah yang pertama yang Allah letakkan bagi manusia untuk beribadah adalah yang ada di makkah yang berbarokah dan petunjuk bagi seluruh alam".  (QS. Ali Imron: 96)

✓ Ka'bah diberikan barokah oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan cara mendapatkan barokahnya atau kebaikannya adalah dengan melakukan ibadah di sana.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

"Sesungguhnya kami telah menurunkan Alquran pada malam yang berbarokah, sesungguhnya kami memberikan peringatan". (QS. Ad Dukhan : 3)

✓ Malam lailatul qodr adalah malam yang berbarokah dan cara mendapatkan barokahnya dan juga kebaikannya adalah dengan melakukan ibadah di malam tersebut.

✓ Seorang ulama berbarokah dengan ilmunya dan juga dakwahnya, cara mencari keberkahannya dan juga kebaikannya adalah dengan menimba ilmu dari ulama tersebut. Disana ada barokah yang sifatnya dzaatiyah yaitu dzat yang berbarokah dimana barokah seperti ini bisa berpindah, barokah jenis ini hanya Allah berikan kepada para Nabi dan juga Rasul.

Oleh karena itu, dahulu para sahabat Nabi Shallallahu 'alayhi wa sallam bertabarruk dengan bekas air wudhu Nabi Shallallahu 'alayhi wa sallam rambut beliau, keringat beliau dan lain-lain.

Sepeninggal beliau Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam mereka tidak melakukan hal ini kepada Abu Bakar dan Umar dan para sahabat yang lain, dan ini menunjukkan bahwasanya ini adalah kekhususan para Nabi dan juga para Rasul.

Meminta barokah hanya kepada Allah dan dengan cara yang di syariatkan. Adapun meminta barokah dari Allah dengan sebab yang tidak disyariatkan seperti dengan mengusap dinding mesjid tertentu, atau mengambil tanah kuburan tertentu dan lain-lain, maka ini termasuk dalam syirik kecil, Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberkahi kita dan keluarga kita. Aamiin.

Inilah halaqah yang ke 8 dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

saudaramu,
Abdullah Roy
kota al madinah

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy