Halaqah 42 ~ Beriman bahwa Rasulullah ﷺ Pernah Melihat Allah ﷻ di dunia

Halaqah 42 ~ Beriman bahwa Rasulullah ﷺ Pernah Melihat Allah ﷻ di dunia

📘 Halaqah Silsilah Ushulus Sunnah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله


Halaqah yang ke-42 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitāb Ushulus Sunnah yang ditulis oleh Imam Ahmad ibn Hanbal rahimahullāh.

Beliau mengatakan

وأَنَّ النَّبِيَّ-صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قَدْ رَأَى رَبَّهُ

Dan bahwasanya Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ

فَإِنَّهُ مَأْثُورٌعَنْ رَسُولِ اللهِ-صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ–صَحِيحٌ

Karena itu telah datang dari Nabi ﷺ shahih.

رَوَاهُ قَتَادَةُ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَرَوَاهُ الحَكَمُ بنُ أَبَانَ عَن عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَرَوَاهُ عَلِيٌّ بنُ زَيْدٍ عَنْ يُوسُفَ بنِ مِهْرَانَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ

Kemudian beliau menyebutkan beberapa jalan dari hadits ini, diriwayatkan oleh Qatadah dari Ikrimah dari Abdullah ibn Abbas, yang kedua diriwayatkan oleh Al-Hakam Ibnu Abān dari Ikrimah dari Abdullah ibn Abbas, kemudian juga diriwayatkan oleh Ali ibn Zaid dari Yusuf ibn Mihrān dari Ibnu Abbas, semuanya menunjukkan bahwasanya Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ, telah berarti sudah melihat di dunia ini karena di sini disebutkan sudah berarti sudah pernah melihat Allāh ﷻ di dunia ini.

Al Imam Ahmad ibn Hambal di sini ingin menjelaskan kepada kita bahwa di antara keyakinan ahlussunnah bahwa Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia ini, untuk perkara yang kita akan melihat Allāh ﷻ di hari kiamat itu adalah kesepakatan kesepakatan Ahlussunnah Wal Jamaah semuanya sepakat berdasarkan ayat dan hadits bahwasanya kita akan melihat Allāh ﷻ di hari kiamat.

Adapun masalah Nabi ﷺ melihat Allāh ﷻ di dunia ini, karena kalau selain Nabi ﷺ semuanya sepakat ahlussunnah semuanya sepakat bahwasanya selain Nabi ﷺ maka mereka tidak melihat Allāh ﷻ di dunia ini, tapi semuanya akan melihat Allāh ﷻ di hari kiamat.

Tapi masalah ru’yatun Nabi ﷺ kepada Allāh ﷻ maka di sini ada perselisihan pendapat, selain Nabi ﷺ mereka sepakat tidak ada di antara mereka yang melihat Allāh ﷻ di dunia ini, adapun tentang Nabi ﷺ maka di sana ada perselisihan diantara ulama Ahlussunnah Wal Jamaah apakah Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia atau belum pernah melihat.

Di sini Al Imam Ahmad ibn Hanbal kalau kita melihat ucapan beliau, beliau memilih pendapat yang mengatakan bahwasanya Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia berdasarkan ucapan Abdullah bin Abbas, disebutkan dalam ucapan beliau

رَأَى محمد رَبَّهُ

Muhammad ﷺ telah melihat Rabb-Nya, dan melihat di sini beliau mengatakan

وَالحَدِيثُ عِنْدَنَا عَلَى ظَاهِرِهِ كَمَا جَاءَ عَنِ النَّبِيِّ-صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dan hadits ini adalah sesuai dengan dzhahirnya, kalau kita lihat secara dzhahirnya melihat ya berarti Beliau ﷺ sudah melihat Allāh ﷻ dengan matanya di dunia ini, dan Abdullah ibn Abbas tidak mungkin mengatakan ini dari akalnya, tentunya ada dasarnya dari ucapan Nabi ﷺ sehingga dzhahirnya menunjukkan bahwasanya Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia ini sebelum hari kiamat. Bahkan di sini Al Imam Ahmad mengatakan

وَالكَلامُ فِيهِ بِدْعَةٌ

Berbicara tentang masalah ini adalah bid’ah, wallāhu a’lam di sini maksudnya adalah mengatakan “bagaimana melihat Allāh ﷻ di dunia ini” ini ucapan yang kata beliau adalah bid’ah, kewajiban kita adalah meyakini bahwasanya Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia ini sebagaimana yang dikabarkan oleh Abdullah bin Abbas.

Sehingga maksud beliau bukan berarti berbicara tentang masalah melihat Allāh ﷻ atau melihatnya Nabi ﷺ kepada Allāh ﷻ di dunia ini tapi maksud beliau adalah menanyakan bagaimananya, ini perbuatan yang bid’ah

وَلَكِنْ نُؤْمِنُ بِهِ كَمَا جَاءَ عَلَى ظَاهِرِهِ وَلا نُنَاظِرُ فِيهِ أَحَداً

Akan tetapi hendaklah kita beriman dengan Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia ini sebagaimana dzhahir dari hadits tersebut

وَلا نُنَاظِرُ فِيهِ أَحَداً

Dan kami tidak mendebat seseorang di dalam permasalahan ini, kami tidak mengadakan perdebatan di dalam permasalahan ini, kami meyakini bahwasanya Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia ini.

Yang beliau utarakan di sini adalah satu pendapat diantara pendapat Ahlussunnah Wal Jamaah tentang bahwa Nabi ﷺ telah melihat Allāh ﷻ di dunia ini.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى