Halaqah 65 ~ Syafaat Bagi Para Pelaku Dosa Besar Bagian 2 | HSI 5.3


📘 Silsilah Ilmiyyah 5.3 Beriman Kepada Hari Akhir
🔊 Halaqah 65 Syafaat Bagi Para Pelaku Dosa Besar Bagian 2

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين


Halaqah yang ke-65 dari Silsilah Beriman Kepada Hari Akhir adalah tentang "Syafa'at Bagi Para Pelaku Dosa Besar Bagian yang Kedua"

Rasulullah ﷺ akan memberikan syafa'at untuk umatnya, para pelaku dosa besar yang disiksa di dalam neraka. Di dalam sebuah hadits Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim,

bahwasanya Nabi ﷺ akan meminta izin kepada Allah untuk memberikan syafa'at dan beliau diizinkan. Maka Allah akan meng ILHAM kan kepada beliau pujian-pujian yang sebelumnya tidak pernah diajarkan kepada beliau di dunia. Dan beliau bersujud, maka dikatakan kepada beliau, Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu. Berkatalah, maka engkau akan didengar perkataanmu. Mintalah, maka kamu akan diberi. Dan berikanlah syafa'at, maka akan diterima syafa'atmu.

Beliau ﷺ berkata, Wahai Rabb-ku, umatku... umatku....

Dikatakan kepada beliau, Pergilah kamu dan keluarkanlah dari neraka orang yang ada di dalam hatinya ada iman sebesar biji gandum. Maka beliau pergi dan melakukannya.

Kemudian beliau kembali lagi dan kembali memuji Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dan sujud kepada-Nya, maka dikatakan kepada beliau, Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu. Berkatalah, maka engkau akan didengar perkataanmu. Mintalah, maka kamu akan diberi. Dan berikanlah syafa'at, maka akan diterima syafa'atmu.

Beliau ﷺ berkata, Wahai Rabb-ku, umatku... umatku....

Dikatakan kepada beliau, Pergilah kamu dan keluarkanlah dari neraka orang yang di dalam hatinya ada iman sebesar dzarrah atau qardalah yaitu biji sawi. Maka beliau pergi dan melakukannya.

Kemudian beliau kembali lagi dan kembali memuji Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى sujud kepada-Nya, maka dikatakan kepada beliau, Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu. Berkatalah, maka engkau akan didengar perkataanmu. Mintalah, maka kamu akan diberi. Dan berikanlah syafa'at, maka akan diterima syafa'atmu.

Beliau ﷺ berkata, Wahai Rabb-ku, umatku... umatku....

Dikatakan kepada beliau, Pergilah kamu dan keluarkanlah dari neraka orang yang di dalam hatinya ada iman yang lebih kecil dan lebih kecil dari sebuah biji sawi. Maka beliau pergi dan melakukannya.

Kemudian ke-4 kalinya beliau datang dan kembali memuji dan sujud kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى maka dikatakan kepada beliau, Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu. Berkatalah, maka engkau akan didengar perkataanmu. Mintalah, maka kamu akan diberi. Dan berikanlah syafa'at, nisacaya akan diterima syafa'atmu.

Beliau ﷺ berkata, Wahai Rabb-ku, izinkan aku untuk memberikan syafaat kepada setiap orang yang mengatakan لآإِلَهَ إِلاَّ الله  

Maka Allah berkata, Demi keperkasaan-Ku, keagungan-Ku, kebesaran-Ku, dan kemuliaan-Ku sungguh aku akan keluarkan dari neraka orang yang mengatakan لآإِلَهَ إِلاَّ الله  

Maksudnya adalah orang yang mengatakan لآإِلَهَ إِلاَّ الله ikhlas dari hatinya dan tidak membatalkannya dengan kesyirikan.

Di dalam Shahih Bukhari disebutkan bahwasanya di antara amalan yang bisa menjadi sebab kita mendapatkan syafa'at Nabi Muhammad ﷺ di akhirat adalah membaca doa setelah mendengar azan, yaitu

للَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّة وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

Dan di antara amalan tersebut adalah bersabar atas kesusahan dan kesempitan hidup di kota Madinah, kemudian meninggal di dalamnya. Rasulullah ﷺ bersabda,

لاَ يَصْبِرُ أَحَدٌ عَلَى لَأْوَائِهَا فَيَمُوتَ إِلاَّ كُنْتُ لَهُ شَفِيعًا أَوْ شَهِيدًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِذَا كَانَ مُسْلِمًا

Tidaklah bersabar seseorang atas kesusahan dan kesempitan hidup di Kota Madinah kemudian dia meninggal, kecuali aku akan menjadi pemberi syafa'at untuknya atau pemberi saksi untuknya di hari kiamat, apabila dia adalah orang islam (HR. Muslim )

Ada dua golongan dari umat Nabi Muhammad ﷺ yang tidak akan mendapatkan syafa'at beliau ﷺ Beliau bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أُمَّتِي لَنْ تَنَالَهُمَا شَفَاعَتِي: إِمَامٌ ظَلُومٌ غَشُوم ٌ، وَكُلُ غَالٍ مَارِقٍ

Dua golongan dari umatku yang tidak akan mendapatkan syafa'at dariku, pemimpin yang zhalim dan setiap orang yang berlebih-lebihan di dalam agama (Hadits Hasan Riwayat At-Thabrani di dalam Al-Mu'jamul Kabiir )

Kita memohon kepada Allah, semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menerima syafa'at Nabi Muhammad ﷺ untuk kita semua.

itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini, dan sampai bertemu pada halaqah selanjutnya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz Abdullah Roy
Kota Al-Madinah