Halaqah 47 ~ Amalan dan Hal Yang Pertama Kali Dihisab | HSI 5.2



Download Audio :  Google Drive
📘 Silsilah Ilmiyyah 5.2 Beriman Kepada Hari Akhir
🔊 Halaqah 47 Amalan dan Hal Yang Pertama Kali Dihisab

•┈┈┈┈┈•❁﷽❁•┈┈┈┈┈•

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين


Halaqah yang ke-47 dari Silsilah Beriman Kepada Hari Akhir adalah tentang "Orang Yang Pertama di Hisab, Amalan Yang Pertama di Hisab dan Hal Yang Pertama Dihisab"

Orang yang pertama kali dihisab pada hari kiamat ada tiga orang. Yang pertama, orang yang berjihad karena riya'. Dia akan didatangkan dan akan diperlihatkan kenikmatan yang telah Allah berikan kepadanya maka diapun mengenalnya. Kemudian ditanya oleh Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى

Apa yang kamu lakukan terhadap kenikmatan ini?
dia berkata, "Aku gunakan untuk berperang di jalanmu sampai aku mati syahid."
Allah berkata kepadanya, "Kamu dusta. Akan tetapi kamu berperang supaya dikatakan sebagai seorang pemberani dan manusia sudah mengatakan engkau adalah pemberani."

Kemudian didatangkan orang yang mempelajari ilmu dan mengajarkannya dan juga membaca Alquran, akan tetapi melakukan itu semua karena riya. Kemudian diperlihatkan kenikmatan yang telah Allah berikan kepadanya maka diapun mengenalnya. Kemudian ditanya oleh Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى

Apa yang kamu lakukan terhadap kenikmatan ini?
dia berkata, "Aku mempelajari ilmu dan mengajarkannya dan aku membaca Alquran karenamu."

Allah berkata," Kamu dusta, kamu mempelajari ilmu, mengajarkannya supaya dikatakan alim. Dan membaca Alquran supaya dikatakan Qari'." Dan manusia sudah mengatakan demikian.

Kemudian didatangkan orang yang Allah luaskan hartanya dan telah diberikan berbagai macam harta benda, maka Allah memperlihatkan kenikmatan yang telah Allah berikan kepadanya, maka diapun mengenalnya.

Kemudian Allah bertanya, "Apa yang kamu lakukan terhadap kenikmatan ini? "
dia pun menjawab, :Tidaklah aku tinggalkan satu jalan yang engkau cinta. Aku berinfaq di dalamnya, kecuali aku infaq ke dalamnya.

Allah berkata, "Kamu dusta, akan tetapi engkau melakukannya supaya dikatakan dermawan. Dan sungguh manusia telah mengatakan demikian" (Hadits Shahih Riwayat Muslim).

Amal ibadah yang pertama kali akan dihisab adalah shalat lima waktu. Apakah seorang hamba menyempurnakan shalatnya atau tidak. Jika sempurna, maka akan ditulis sempurna. Dan apabila kurang, maka Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى akan memerintahkan malaikat untuk melihat shalat-shalat sunnahnya. Apabila dia memiliki sholat-sholat sunnah, maka akan digunakan untuk menambal kekurangan yang dilakukan ketika sholat fardhu  (Hadits Shahih Riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Adapun hal pertama yang berkaitan dengan hak antar manusia yang akan dihisab adalah tentang darah. Rasulullah ﷺ  bersabda,

أَوَّلُ مَا يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ فِي الدِّمَاءِ

Hal yang pertama kali akan dihisab yang berkaitan dengan hak antar manusia pada hari kiamat adalah tentang darah (HR. Muslim).

itulah yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini, dan sampai bertemu pada halaqah selanjutnya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz Abdullah Roy
Kota Al-Madinah