Halaqah 07 ~ Mengenal Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Sebagai Rasul Terakhir

HSI 03 Mengenal Rasulullah

Halaqah 07 ~ Mengenal Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Sebagai Rasul Terakhir


Download Audio Halaqah 07 :  Google Drive
📘 Silsilah Ilmiyyah 3 Mengenal Rasulullah
🔊 Halaqah 07 ~ Mengenal Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Sebagai Rasul Terakhir

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam meninggal pada tahun ke-11 Hijriah setelah menyempurnakan tugas menyampaikan risalah dari Allah. Beliau Shallallahu 'alayhi wa sallam meninggal dunia sebagaimana manusia yang lain yang juga meninggal dunia. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

كُلُّ نَفۡسٍ۬ ذَآٮِٕقَةُ ٱلۡمَوۡتِ

“Setiap jiwa akan merasakan kematian.” (QS Ali ‘Imran: 185)

Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala juga berfirman:

إِنَّكَ مَيِّتٌ۬ وَإِنَّہُم مَّيِّتُونَ

“Sesungguhnya engkau akan meninggal dunia dan mereka akan meninggal dunia” (QS Az Zumar: 30 )

Beliau Shallallahu 'alayhi wa sallam adalah Rasul terakhir, tidak ada Rasul sepeninggal Beliau. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَآ أَحَدٍ۬ مِّن رِّجَالِكُمۡ وَلَـٰكِن رَّسُولَ ٱللَّهِ وَخَاتَمَ ٱلنَّبِيِّـۧنَۗ

“Bukanlah Muhammad bapak salah seorang laki-laki di antara kalian, akan tetapi Beliau adalah Rasulullah dan penutup para Nabi.” (QS Al Ahzab: 40)

Dalil-dalil dari hadits Nabi Shallallahu 'alayhi wa sallam bahwasanya Beliau adalah Nabi terakhir mencapai derajat mutawatir. Dan sebagian ulama mengatakan;

◆ Kalau seseorang tidak mengetahui bahwa Muhammad Shalallahu''alayhi wa sallam adalah Nabi terakhir maka dia bukan Muslim, karena ini termasuk perkara yang diketahui secara darurat di dalam agama Islam. yaitu Al Quran dan juga Al Hadits dan menyiapkan para ulama yang amanat untuk menyampaikan keduanya kepada umat.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَهُ ۥ لَحَـٰفِظُونَ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami akan menjaganya” (QS Al Hijr: 9)

Di antara hadits yang menunjukkan bahwasanya Beliau Shallallahu 'alayhi wa sallam adalah Nabi yang terakhir adalah sabda Beliau Shallallahu 'alayhi wa sallam :

وإِنَّهُ سَيَكُونُ مِنْ أُمَّتِي كَذَّابُونَ ثَلَاثُونَ كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ نَبِيُّ وَأَنَا خَاتَمُ الْأَنْبِيَاءِ لَا نَبِيَّ بَعْدِي

“Sesungguhnya akan ada di antara umatku 30 orang pendusta, semuanya mengaku menjadi Nabi dan aku adalah penutup para Nabi, tidak ada Nabi setelahku” (Hadits shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud)

Dan di dalam sebuah hadits yang Mutaffaqun ’alaih, Beliau Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda:

وأنا العاقِبُ الَّذي ليسَ بعدَه نبيٌّ

“Dan aku adalah Al ‘Aqib (yang terakhir) yang tidak ada setelahnya Nabi.”

Meskipun Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam meninggal dunia Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menjaga agama ini dengan menjaga sumbernya  dan Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda:

وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ

“Dan sesungguhnya para ulama adalah pewaris para Nabi dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham akan tetapi mereka mewariskan ilmu.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani rahimahullah)

Dan ini adalah halaqah yang terakhir dari Silsilah Mengenal Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam dan sampai bertemu kembali pada silsilah berikutnya yaitu Silsilah yang ke-4 tentang “Mengenal Agama Islam”.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

‘Abdullah Roy
Di kota Pontianak

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy