Silaturrahim Menambah Umur | Al Adabul Mufrod

Bab 28 | SILATURRAHIM MENAMBAH UMUR


Hadits ke 56.  'Abdullah bin Shalih mengabarkan kepada kami, ia berkata: Al-Laits mengabarkan kepadaku, ia berkata, 'Uqail menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab, ia berkata:


أَخْبَرَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ، أَنَّ رَسُولَ اللّٰهِ ﷺ قَالَ‏:‏ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ


Anas bin Malik mengabarkan kepadaku, ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, Barangsiapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambung silaturrahim. "


{ HR. Al-Bukhari: kitab al-Adab, bab Man Busitha lahu fir Rizgi bi Shilatirrahim (5986) dan Muslim: kitab al-Birr wash Shilah, bab Shilaturrahim wa Tahrimi Qathi'atiha (20).}





Hadits ke 57.  Ibrahim bin al-Mundzir mengabarkan kepada kami, ia berkata: Muhammad bin Ma'n mengabarkan kepada kami, ia berkata: Ayahku mengabarkan kepadaku dari Sa'id bin Abi Sa'id al-Maqburi:


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ رَسُولَ اللّٰهِ ﷺ يَقُولُ‏:‏ مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ‏


Dari Abu Hurairah, ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambung silaturrahim. "


{ HR. Al-Bukhari: kitab al-Adab, bab Man Busitha lahuu fir Rizqi bi Shilatirrahim (5985). }



Kandungan Hadits:

  • Menyambung hubungan rahim menjadi penyebab diluaskannya rizki dan diberikannya keberkahan di dalamnya. Al-'Allamah al-Albani berkata, "Iman bertambah dan berkurang, ia bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. Hal itu tidaklah menafikan ketetapan yang sudah tertulis di Lauhul Mahfuzh. Demikian juga dengan umur. Umur bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan sebab-sebabnya. Hal ini tidak menafikan ketetapan yang tertulis di dalam Lauhul Mahfuzh. Oleh karena itu disebutkan dalam hadits-hadits marfu' dan atsar-atsar mauquf bahwa do'a itu bisa memperpanjang umur. Begitu pula akhlak dan sikap yang baik terhadap tetangga.