Halaqah 69 ~ Aqidah Ahlu Sunah terhadap Para Sahabat Nabi ﷺ ~ Abu Bakar

Halaqah 69 ~ Aqidah Ahlu Sunah terhadap Para Sahabat Nabi ﷺ ~ Abu Bakar

📘 Halaqah Silsilah Ushulus Sunnah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله


Disini Al Imam Ahmad bin Hambal beliau mengatakan,

وَخَيْرُ هَذِهِ اَلْأُمَّةِ بَعْدَ نَبِيِّهَا أَبُو بَكْرٍ اَلصِّدِّيقُ،

Dan sebaik-baik umat dan yang dimaksud dengan umat di sini adalah umat Islam umatnya Rasulullah ﷺ dan sebaik-baik umat setelah Nabinya yaitu Nabi Muhammad ﷺ adalah Abu Bakar Ash Shidiq, beliau lah orang yang paling afdhol diantara para shahabat Nabi ﷺ, lebih afdhol daripada Umar bin Khattab, lebih afdhol daripada Utsman bin Affan, lebih afdhol daripada Ali bin Abi Thalib, beliaulah yang lebih afdhol diantara para shahabat Nabi ﷺ, bahkan beliaulah yang lebih afdhol diantara seluruh umat Rasulullah ﷺ.

Abu Bakar Ash Shidiq radiallahu taala anhu beliau adalah Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Adnan at-Taimi al-Qurasyi.

Beliau adalah seorang Quraisy satu kabilah dengan Nabi ﷺ. Bertemu Nasab beliau dengan nasab Nabi ﷺ pada Muraah Ibnu Kaab.

Beliau dinamakan atau digelari Ash Shidiq karena beliau sangat membenarkan Nabi ﷺ dan seluruh shahabat Nabi ﷺ membenarkan Nabi ﷺ namun beliau memiliki kelebihan dan keistimewaan didalam masalah ini. Ketika banyak manusia yang tidak percaya kepada Nabi ﷺ maka Abu Bakar Ash Shidiq beliau adalah orang yang bersegera dalam membenarkan Nabi ﷺ , beliau memiliki banyak keutamaan di samping beliau termasuk orang yang pertama-tama masuk kedalam agama Islam dan beliaulah yang menemani hijrahnya Nabi ﷺ dan ikut atau bersama Nabi ﷺ shallallahu alaihi wasallam di dalam seluruh peperangan beliau, dan sempat beliau radhiyallahu taala ditunjuk sebagai Amir/ pemimpin dalam Haji pada tahun ke-9 yang beliaulah yang menjadi khalifah pengganti Nabi ﷺ setelah meninggalnya Rasulullah ﷺ, dalam sebuah ayat Allāh ﷻ mengatakan,

إِلَّا تَنصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ ٱللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ثَانِىَ ٱثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِى ٱلْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَٰحِبِهِۦ لَا تَحْزَنْ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَنَا…
[QS At-Taubah 40]

Allah menyebutkan di dalam ayat ini tentang keutamaan Abu Bakar as Siddiq. Kalau kalian tidak menolongnya itu menolong Nabi ﷺ, ketahuilah Bahwasanya Allāh telah menolong beliau, ketika orang-orang kafir mengusir Nabi ﷺ orang kedua dari dua orang, ketika keduanya di dalam gua ketika dia yaitu Nabi ﷺ berkata kepada shahibihi berkata kepada sahabatnya, siapa sahabat itu yang bersama beliau? tidak lain beliau adalah Abu Bakar as Siddiq.

Allāh mengatakan

إِذْ يَقُولُ لِصَٰحِبِهِۦ

Ketika Nabi berkata kepada shahabatnya tersebut (yang dimaksud adalah Abu Bakar Ash Shidiq),

لَا تَحْزَنْ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَنَا

Jangan engkau bersedih, Sesungguhnya Allāh bersama kita.

Bersama siapa? bersama Nabi dan juga bersama Abu Bakar as Siddiq dan kebersamaan disini maknanya adalah pertolongan dikuatkan oleh Allāh, Allah subhanahu wa ta’ala menolong Nabi Muhammad ﷺ dan juga menolong Abu Bakar Ash Shidiq.

Dalam sebuah hadist Nabi ﷺ mengatakan,

إِنَّ مِنْ أَمَنِّ النَّاسِ عَلَيَّ فِي صُحْبَتِهِ وَمَالِهِ أَبَا بَكْرٍ وَلَوْ كُنْتُ مُتَّخِذًا خَلِيلًا غَيْرَ رَبِّي لَاتَّخَذْتُ أَبَا بَكْرٍ

Beliau mengatakan Sesungguhnya orang yang paling berjasa kepadaku didalam persahabatan di dalam harta adalah Abu Bakar.

ini ucapan Nabi ﷺ para shahabat beliau banyak, yang membantu dalam harta juga bukan hanya Abu Bakar tapi yang paling berjasa terhadap beliau didalam persahabatan dalam hartanya, kata beliau adalah Abu Bakar as Siddiq.

Ini menunjukkan tentang keutamaan Abu Bakar, seandainya aku boleh untuk mengangkat seorang kekasih atau kekasih selain Rabbku niscaya aku akan menjadikan Abu Bakar sebagai kekasihku.

Ini jelas menunjukkan tentang keutamaan Abu Bakar as Siddiq radhiyallahu ta’ala anhu, seandainya beliau boleh mengangkat seorang kekasih niscaya beliau akan mengangkat Abu Bakar Ash Siddiq sebagai seorang kekasih, yang dimaksud dengan Kholil adalah orang yang paling dicintai dan menunjukkan betapa besarnya kecintaan Nabi ﷺ kepada Abu Bakar dan tentunya Nabi ﷺ ketika mencintai seseorang cintainya adalah lillah dan fillah karena Allāh dan juga di jalan Allāh mencintai seseorang karena ketaatannya kepada Allāh, beliau mengungkapkan seandainya aku boleh mengangkat seorang kekasih niscaya aku akan menjadikan Abu Bakar sebagai seorang kekasih.

Ini menunjukkan bahwasanya Nabi ﷺ sangat mencintai Abu Bakar Ash Shidiq radiallahu taala anhu.

Ketika Nabi ﷺ sakit diakhir hayat beliau siapakah yang menggantikan Nabi ﷺ untuk mengimami manusia di Masjid Nabawi, mengimami manusia menjadi pengganti beliau sementara saat Nabi ﷺ sakit adalah Abu Bakar Ash Shidiq,

Beliau mengatakan,

مُروا أبا بكرٍ فلْيُصَلِّ بالناس

Perintahkan Abu Bakar untuk memimpin/mengimami manusia.

Sebagian Shahabat radiallahu taala anhum ketika meninggalnya Nabi ﷺ, maka mereka mengatakan kalau Rasulullah ﷺ telah meridhai Abu Bakar memimpin kita didalam agama kita yaitu di dalam shalat kita, bagaimana kita tidak meridhoi beliau menjadi pemimpin kita di dalam dunia kita, maksudnya kalau dalam masalah agama saja yang ditunjuk adalah Abu Bakar memimpin manusia shalat maka dalam masalah kepemimpinan kenegaraan berarti beliaulah yang paling pantas menjadi khalifah setelah Rasulullah ﷺ.

Beberapa dalil ini menunjukkan tentang keutamaan Abu Bakar as Siddiq radhiyallahu ta’ala anhu.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى