Halaqah 34 ~ Al-Qur’an adalah Kalamullah Bukan Makhluk Bag 2 (Dalil-dalilnya)

Halaqah 34 ~ Al-Qur’an adalah Kalamullah Bukan Makhluk Bag 2 (Dalil-dalilnya)

📘 Halaqah Silsilah Ushulus Sunnah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله


Keyakinan bahwasanya Al-Qur’an adalah Kalamullah banyak dalil, diantaranya firman Allāh ﷻ didalam surat at Taubah dimana Allāh ﷻ mengatakan,

۞ وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ …
[QS at Taubah 6]

Dan apabila salah seorang diantara orang-orang musyrikin (istajaro) dia ingin meminta perlindungan kepadamu (mungkin ada diantara mereka yang ketakutan) kemudian dia meminta perlindungan (menyerah dan meminta perlindungan) maka berikan dia perlindungan/keamanan.

Apa hikmahnya?

حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ

Supaya dia mendengar Kalamullah.

Kalau dia meminta perlindungan bawa dia berikan dia perlindungan/ketenangan jangan dibunuh karena dia datang meminta perlindungan maka kita lindungi sampai dia mendengar Kalamullah, maksudnya mendengar ayat-ayat Al Qur’an yang dibacakan oleh Rasulullah ﷺ secara langsung atau dibacakan oleh sebagian Shahabat radiallahu taala anhum, dibacakan kepadanya kewajiban untuk masuk kedalam agama Islam

۞ إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ …
[QS Al Imran 19]

Atau firman Allāh

۞ وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
[QS Al Imran 85]

Atau ayat-ayat lain, lindungi dia sampai dia mendengar Kalamullah.

Ini menunjukkan bahwasanya dakwah adalah dengan Al Qur’an berdasarkan Al Qur’an, oleh karenanya dalam ayat tadi

۞ عَلَىٰ قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنذِرِينَ
[QS As Shuara194]

Diturunkan Al Qur’an supaya engkau menjadi orang-orang yang mengingatkan.

Yaitu mengingatkan manusia dengan Al Qur’an

۞ ..فَذَكِّرْ بِالْقُرْآنِ مَن يَخَافُ وَعِيدِ
[QS Qof 45]

Dan ingatkan dengan Al Qur’an orang-orang yang takut dengan ancamanKu.

Bacakan Al Qur’an sampai dia mendengar Kalamullah, tentunya maksudnya sampai dia mendengar Allāh ﷻ berbicara langsung kepadanya, itu adalah sebuah kehormatan/keistimewaan bahkan tidak semua Nabi dan Rasul Allāh ﷻ langsung berbicara kepada mereka, ada sebagian Nabi dan Rasul yang Allāh ajak bicara dan ini adalah keutamaan yang Allāh berikan kepada mereka

۞ تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۘ مِّنْهُم مَّن كَلَّمَ اللَّهُ ۖ…
[QS Al Baqarah 253]

Itu adalah pada Rasul yang Kami muliakan sebagian mereka diatas sebagian yang lain, diantara mereka ada yang Allāh ajak bicara.

Menunjukkan bahwasanya sampai para Nabi dan Rasul tidak semuanya mereka diajak berbicara langsung oleh Allāh ﷻ.

Berarti disini orang musyrik/kafir yang dia dengar adalah Al Qur’an yang dibacakan oleh Nabi ﷺ

حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ

Sampai dia mendengar Kalamullah .

Yang dibaca oleh Nabi ﷺ atau dibaca oleh salah seorang shahabat Nabi ﷺ.

Ini dalil yang jelas kuat yang menunjukkan tentang bahwasanya Al-Qur’an adalah Kalamullah, Allāh sebutkan didalam surat at Taubah ayat 6

Ayat yang lain yang menunjukkan bahwasanya Al-Qur’an adalah Kalamullah firman Allāh ﷻ

۞ .. وَقَدْ كَانَ فَرِيقٌ مِّنْهُمْ يَسْمَعُونَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ يُحَرِّفُونَهُ مِن بَعْدِ مَا عَقَلُوهُ وَهُمْ يَعْلَمُونَ
[QS Al Baqarah 75]

Sungguh golongan mereka (orang-orang Yahudi) dahulu mendengar Kalamullah, kemudian mereka merubahnya setelah mereka memahaminya setelah mereka mengakalinya, sedangkan mereka dalam keadaan mengetahui.

Perhatikan ucapan Allāh

وَقَدْ كَانَ فَرِيقٌ مِّنْهُمْ يَسْمَعُونَ كَلَامَ اللَّهِ

Dan sungguh golongan dari mereka (orang-orang Yahudi) telah mendengar Kalamullah.

Disini para ulama ada yang menafsirkan Kalamullah disini adalah Al Qur’an, mereka sudah mendengar Al Qur’an tapi mereka merubah-rubah maknanya dan ada yang mengatakan maksud dari Kalamullah adalah at Taurat.

Syahidnya disini ada diantara ulama yang menafsirkan bahwasanya Kalamullah disini adalah Al Qur’an.

Berarti menjadi dalil bahwasanya Al-Qur’an adalah Kalamullah, sebagaimana Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah didalam aqidah washitiyyah beliau juga mendatangkan ayat ini, setelah mendatangkan firman Allāh tadi

۞ وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ..

Dari apa yang beliau lakukan disini kita bisa mengambil kesimpulan juga beliau memandang bahwa ayat ini bisa menjadi dalil bahwa Al Qur’an adalah Kalamullah.

Ayat yang lain, firman Allāh ﷻ

۞ يُرِيدُونَ أَن يُبَدِّلُوا كَلَامَ اللَّهِ ۚ قُل لَّن تَتَّبِعُونَا كَذَٰلِكُمْ قَالَ اللَّهُ مِن قَبْلُ ۖ
[QS Al Fath15]

Mereka ingin merubah Kalamullah.

Yang dimaksud Kalamullah disini adalah Al Qur’an. Allāh ﷻ bercerita tentang orang-orang yang mereka tidak mau berperang, mereka adalah orang-orang munafik. Singkat cerita Allāh ﷻ menjanjikan bagi para shahabat radiallahu taala anhum yang mereka membaiat Nabi ﷺ di baiat .. Allāh menjajikan untuk Al Fath , yang dimaksud membuka disini adalah Khaibar, dan tidak akan mengikuti perang khaibar ini kecuali orang-orang yang sudah membaiat Nabi ﷺ . Ini diceritakan oleh Allāh, saat mereka akan menuju ke Khaibar orang-orang munafikun ingin ikut serta karena mereka melihat kekayaan Khaibar, yang mereka inginkan adalah dunia, tapi Allāh ﷻ sudah menetapkan bahwasanya yang kesana adalah orang-orang yang hanya membaiat Nabi ﷺ. Sehingga Allāh mengatakan

۞ سَيَقُولُ الْمُخَلَّفُونَ إِذَا انطَلَقْتُمْ إِلَىٰ مَغَانِمَ لِتَأْخُذُوهَا ذَرُونَا نَتَّبِعْكُمْ ۖ

Berkata mereka (orang munafikun) ketika kalian akan pergi untuk mendapatkan rampasan perang biarkan kami mengikuti kalian. Sehingga Allāh mengatakan

يُرِيدُونَ أَن يُبَدِّلُوا كَلَامَ اللَّهِ ۚ

Mereka ingin merubah Kalamullah, ucapan Allāh ﷻ yang dimaksud disini adalah Al Qur’anul Karim.

۞ قُل لَّن تَتَّبِعُونَا كَذَٰلِكُمْ قَالَ اللَّهُ مِن قَبْلُ ۖ فَسَيَقُولُونَ بَلْ تَحْسُدُونَنَا ۚ بَلْ كَانُوا لَا يَفْقَهُونَ إِلَّا قَلِيلًا
[QS Al Fath15]

Katakanlah kepada mereka, kalian tidak akan mengikuti kami.

Demikianlah yang Allāh sampaikan.

Syahidnya disini Allāh ﷻ menamakan Al Qur’anul Karim ini sebagai Kalamullah.

Kalau itu adalah dari ayat-ayat Al Qur’an maka disana ada hadits Nabi ﷺ yang menunjukkan bahwasanya Al Qur’an adalah Kalamullah.

Diantaranya sebuah hadits ketika Nabi ﷺ beliau diawal dakwah setiap kali ada jama’ah haji yang datang pada saat itu beliau dimusuhi oleh orang-orang Quraisy dan dilarang untuk menyampaikan Al Qur’an dan mereka menuduh bahwasanya itu adalah ucapan Nabi ﷺ bukan ucapan Allāh itu hasil karya Nabi ﷺ bukan ucapan Allāh, karena beliau dahulu ketika mendakwahi manusia/mengajak manusia kepada Islam membacakan kepada mereka Al Qur’an.

Al Qur’an ini Kalamullah yang penuh dengan keajaiban, terkadang seseorang kafir hanya sekedar Kalamullah tanpa disana (mungkin comment dari kita) dia mendengar Kalamullah dia merasakan bedanya Kalamullah ini dengan ucapan-ucapan manusia.

Beliau ﷺ tidak putus asa didalam berdakwah, beliau datang setiap kali orang yang mereka berkunjung ke Mekkah untuk berhaji atau perkara yang lain maka beliau mengatakan kepada mereka, apakah ada salah seorang diantara kalian mau membawa mengajakku kepada kaumnya melindungiku karena sesungguhnya orang-orang Quraisy telah melarangku untuk menyampaikan KalamaRabbi .

Ini menunjukkan bagaimana usaha Nabi ﷺ untuk gigih dan istiqamah dalam berdakwah dan bagaimana tawadhu beliau, mengatakan kepada mereka apakah ada salah seorang diantara kalian.

Dan juga diantara pelajaran yang kita ambil disini adalah Al Qur’an adalah Kalamullah jelas beliau mengatakan

فإنَّ قُرَيْشًا قد مَنَعُونِي أنْ أُبَلِّغَ كَلامَ ربِّي.

Orang-orang Quraisy melarangku untuk menyampaikan ucapan Allāh.

Yaitu Al Qur’an. Ini adalah dalil dari hadits Nabi ﷺ yang menunjukkan tentang bahwa Al Qur’an adalah Kalamullah bukan ucapan Nabi ﷺ dan bukan ucapan Jibril tapi dia adalah ucapan Allāh ﷻ berasal dari Allāh ﷻ, Allāh ﷻ yang pertama kali mengucapkan Al Qur’an/ayat-ayat yang ada didalam Al Qur’anul Karim.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى