Halaqah 134 ~ Pembahasan Derajat Pertama yakni Ilmu dan Kitabah Bag 02

Halaqah 134 ~ Beriman Kepada Takdir dengan Pembahasan Derajat Pertama yakni Ilmu dan Kitabah Bag 02

📘 Halaqah Silsilah Ilmiyah – Al ‘Aqidah Al Wasithiyyah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله


Halaqah yang ke-134 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitāb Al-‘Aqīdah Al-Wāsithiyyah yang ditulis oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullāh.

Beliau mengatakan rahimahullāh

فَأَوَّلَ مَا خَلَقَ اللهُ الْقَلَمَ

atau dibaca

أَوَّلُ خَلَقَ اللهُ الْقَلَم

ada dua cara para ulama jika mereka membaca lafadz ini karena ini dalam hadits,  dalam sebuah hadits Beliau ﷺ mengatakan

إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَم فَقَالَ لَهُ : اكْتُبْ ، قَالَ : رَبِّ وَمَاذَا أَكْتُبُ ؟ قَالَ : اكْتُبْ مَقَادِيرَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ

yang seperti ini para ulama berbeda dalam membacanya sehingga mereka berselisih pendapat tentang sebuah permasalahan diantara permasalahan-permasalahan yang mendetail dalam masalah aqidah yaitu tentang makhluk apa yang pertama kali diciptakan oleh Allāh ﷻ.

Ada yang mengatakan bahwasanya yang pertama kali diciptakan oleh Allāh ﷻ adalah Al-Qalam, mereka membaca

إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمُ

sesungguhnya yang pertama kali diciptakan oleh Allāh ﷻ adalah al-qolamu yaitu pena, sehingga mereka mengatakan yang pertama kali diciptakan adalah pena. Dan ada yang mengatakan yang pertama kali diciptakan adalah bukan pena tetapi ‘arsy Allāh ﷻ, mereka membacanya

أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمَ

Ketika Allāh ﷻ pertama kali menciptakan pena, yaitu di awal Allāh ﷻ menciptakan pena,

فَقَالَ لَهُ

Allāh ﷻ mengatakan kepada pena tersebut

اكْتُبْ

Tulislah

قَالَ : رَبِّ وَمَاذَا أَكْتُبُ ؟

Kemudian pena ini dengan qudratullāh dia berbicara dan mengatakan wahayi Rabbku apa yang aku tulis

قَالَ : اكْتُبْ مَقَادِيرَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ

Allāh ﷻ mengatakan engkau tulis takdir segala sesuatu sampai datang hari kiamat. Didalam lafadz yang lain seperti yang ditulis oleh Syaikhul Islam disini

قَالَ لَهُ: اكْتُبْ

Tulislah

قَالَ: مَا أَكْتُبُ؟

apa yang aku tulis

 قَالَ: اكْتُبْ مَا هُوَ كَائِنٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

tulislah apa yang akan terjadi sampai hari kiamat.

Didalam Sunan At-Tirmidzi disebutkan

قَالَ اكْتُبْ الْقَدَرَ مَا كَانَ وَمَا هُوَ كَائِنٌ إِلَى الْأَبَدِ

Tulislah takdir apa yang terjadi dan apa yang akan terjadi sampai selamanya, haditsnya Ubadah ibn Shamit. Ini menunjukkan bahwasanya Allāh ﷻ menulis segala sesuatu sebelum terjadinya.

Kemudian beliau menjelaskan

فَمَا أَصَابَ الإِنْسَانَ لَمْ يَكُن لِّيُخْطِئَهُ

Maka apa yang menimpa manusia (artinya yang sudah ditulis oleh Allāh ﷻ akan menimpa seseorang) itu tidak mungkin terlepas darinya. Kalau memang didalam lauḥul maḥfūdz tersebut dia akan tertimpa sebuah musibah hartanya musibah fisiknya kalau memang sudah ditulis dalam kitab tersebut dia terkena musibah maka itu tidak mungkin luput darinya pasti terjadi, kita ingin atau tidak ingin itu akan menimpa kita, apa yang Allāh ﷻ tulis di dalam lauḥul maḥfūdz itu akan terjadi.

وَمَا أَخْطَأَهُ لَمْ يَكُن لِّيُصِيبَهُ

Dan apa yang lepas darinya maka tidak menimpanya, yang Allāh ﷻ tulis dalam lauḥul maḥfūdz tidak akan menimpa seseorang maka tidak akan menimpa seseorang, tidak mungkin terjadi musibah yang tidak tertulis dalam lauḥul maḥfūdz, semuanya tertulis.

جَفَّتِ الأَقْلاَمُ، وَطُوِيَتِ الصُّحُفُ

Pena-pena telah kering (yaitu pena penulis takdir telah kering) dan telah dilipat lembaran-lembaran (yaitu lembaran-lembaran yang digunakan untuk menulis takdir maka ini telah dilipat), artinya semuanya sudah selesai semuanya sudah ditakdirkan oleh Allāh ﷻ dan kita menjalani apa yang sudah ditakdirkan oleh Allāh ﷻ, dan lafadz ini ada dalam dalil hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi haditsnya Abdullah ibn Abbas ketika dinasehati oleh Nabi ﷺ kemudian diakhir dikatakan oleh Beliau ﷺ

رُفِعَتْ الْأَقْلَامُ وَجَفَّتْ الصُّحُفُ (pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering)

telah kering pena-pena takdir dan telah dilipat lembaran-lembaran, artinya sudah selesai.

كَمَا قَالَ تَعَالَى

Sebagaimana Firman Allāh ﷻ

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاء وَالأَرْضِ إِنَّ ذَلِكَ فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Apakah engkau tidak mengetahui bahwasanya Allāh ﷻ mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di muka, ini dalil bahwasanya Allāh ﷻ mengetahui segala sesuatu ini adalah perkara yang pertama dari derajat yang pertama, karena di sini dalam satu derajat ada dua perkara

إِنَّ ذَلِكَ فِي كِتَابٍ

Sesungguhnya yang demikian adalah di dalam kitab, Allāh ﷻ tulis dalam kitab yaitu di dalam lauḥul maḥfūdz berarti

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاء وَالأَرْضِ

dalil tentang ilmu, yang demikian adalah ada di dalam kitab dalil tentang al-kitabah, satu ayat di dalamnya ada dua perkara

إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Sesungguhnya yang demikian adalah sangat mudah bagi Allāh ﷻ, bukan perkara yang sulit bagi Allāh ﷻ untuk menulis segala sesuatu sebelum terjadinya.

Kalau ada diantara kita yang dikasih misalnya buku tulis dan pulpen untuk menulis apa yang ada dan apa yang sedang terjadi di sekitar kita, menulis tembok misalnya warnanya apa dan kapan dibangun terbuat dari apa dan seterusnya belum lagi dia berbicara tentang meja belum dia berbicara tentang laptopnya niscaya dia akan kesulitan untuk mengungkapkan segala sesuatu, apalagi untuk menulis apa yang akan terjadi, tapi bagi Allāh ﷻ itu adalah perkara yang sangat mudah, sebelum terjadinya Allāh ﷻ bisa tulis semuanya dan tidak ada yang ketinggalan, sebelum terjadinya secara terperinci Allāh ﷻ menulisnya, sesungguhnya yang demikian adalah satu yang sangat mudah bagi Allāh ﷻ.

وَقَال َ:  مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي الأَرْضِ وَلا فِي أَنفُسِكُمْ إِلاَّ فِي كِتَابٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Dan Allāh ﷻ mengatakan Tidaklah menimpa sebuah musibah di bumi dan juga pada diri kalian, terkadang musibah menimpa diri kita seperti sakit atau musibah yang menimpa bumi bencana alam tsunami longsor atau gempa

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي الأَرْضِ وَلا فِي أَنفُسِكُمْ

musibah orang banyak maupun yang menimpa diri kita sendiri berupa sakit misalnya

إِلاَّ فِي كِتَابٍ

kecuali itu ada di dalam kitab (lauḥul maḥfūdz), semuanya

مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَا

sebelum Allāh ﷻ menciptakannya, -nya di sini kembali kepada musibah, sebelum Allāh ﷻ menciptakan dan menjadikan musibah tadi itu sudah Allāh ﷻ tulis dalam lauḥul maḥfūdz

إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

maka yang demikian adalah sesuatu yang sangat mudah bagi Allāh ﷻ.

Sehingga orang yang mengingat yang demikian akan menjadi ringan baginya musibah yang menimpa, ketika seseorang mengetahui bahwasanya musibah ini adalah sudah diketahui oleh Allāh ﷻ sebelumnya dan sudah ditulis oleh Allāh ﷻ dan pasti terjadi maka ini akan membawa dia kepada hidayah, akan menjadikan hatinya tenang karena dia adalah orang yang beriman dengan takdir Allāh ﷻ, musibah ini sudah ditakdirkan oleh Allāh ﷻ lalu apa yang kita sebagai seorang hamba, kewajiban kita adalah beriman dan bersabar, tidak bisa kita keluar dari apa yang sudah Allāh ﷻ takdirkan, kalau memang sudah Allāh ﷻ takdirkan musibah tersebut menimpa kita maka harus kita hadapi dan bersabar dalam menghadapi musibah tadi.

مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذۡنِ ٱللَّهِۗ

Tidaklah menimpa sebuah musibah kecuali dengan izin Allāh ﷻ

وَمَن يُؤۡمِنۢ بِٱللَّهِ يَهۡدِ قَلۡبَهُۥۚ

dan barangsiapa yang beriman dengan Allāh ﷻ, percaya bahwasanya ini semua adalah dengan ilmu Allāh ﷻ dan dengan penulisan Allāh ﷻ adalah dengan takdir Allāh ﷻ, maka Allāh ﷻ akan memberikan hidayah kepada hatinya, kapan hidayah Allāh ﷻ dan petunjuk Allāh ﷻ datang ketika kita tertimpa musibah? kalau kita beriman kepada Allāh ﷻ.

Sebagian salaf mengatakan ini adalah seorang laki-laki yang ditimpa musibah kemudian dia mengetahui bahwasanya itu adalah dari Allāh ﷻ inilah orang yang mendapatkan hidayah akhirnya dia bersabar dan dia mengharap pahala dari Allāh ﷻ, ini adalah dari Allāh ﷻ maka saya bersabar dan saya yakin bahwasanya didalam apa yang Allāh ﷻ takdirkan pasti disana ada hikmah. Sampai di dalam takdir yang jelek berupa musibah ketahuilah bahwasanya itu bukan semata kejelekan saja, pasti dibalik kejelekan itu ada hikmahnya, dibalik musibah itu pasti ada hikmahnya, musibah adalah kejelekan tapi dia bukan murni kejelekan, disana ada hikmah yang Allāh ﷻ inginkan diantaranya adalah Allāh ﷻ ingin kita kembali kepada-Nya.

Kadang seseorang ketika lancar saja hidupnya tidak ada musibah menjadikan dia lalai tapi ketika dia mendapatkan musibah akhirnya dia mau berdoa kepada Allāh ﷻ akhirnya dia mau sholat malam akhirnya dia mau berubah dan bertaubat dan menyadari kelalaian dia selama ini, berarti di sini ada kebaikan bagi seseorang di dalam musibahnya.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى