Halaqah 45 ~ Penjelasan Beberapa Ayat Yang Menunjukkan Sifat Marah Bagi Allāh ﷻ (QS An Nisa 93) Bag 02

Halaqah 45 ~ Penjelasan Beberapa Ayat Yang Menunjukkan Sifat Marah Bagi Allāh ﷻ (QS An Nisa 93) Bag 02

📘 Halaqah Silsilah Ilmiyah – Al ‘Aqīdah Al Wasithiyyah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله


Halaqah yang ke-45 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitāb Al-‘Aqīdah Al-Wāsithiyyah yang ditulis oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullāh.

Dalil-dalil yang menunjukkan bahwasanya Allāh ﷻ memiliki sifat Al-Ghodhob, sifat marah.

فَجَزَآؤُهُۥ جَهَنَّمُ خَٰلِدٗا فِيهَا

[An-Nisa’:93]

Orang yang membunuh seorang yang beriman dengan sengaja maka balasannya adalah jahannam خَٰلِدٗا فِيهَا . Dan ini menunjukkan bahwasanya ini adalah dosa besar, ketika sebuah dosa diancam dengan neraka atau jahanam ini menunjukkan bahwasanya dosa itu adalah termasuk dosa besar. Pelaku dosa besar kalau dia tidak bertobat dari dosanya sebelum dia meninggal dunia maka di hari kiamat dia tahta masyiatillāh, dia berada di bawah kehendak Allāh ﷻ, kalau Allāh ﷻ menghendaki Allāh ﷻ mengampuni dosa membunuhnya ini dan kalau Allāh ﷻ menghendaki maka Allāh ﷻ akan memasukkan dia ke dalam jahanam untuk diadzab sementara disana.

Diazab sementara lalu apa makna firman Allāh ﷻ

خَٰلِدٗا فِيهَا

Dia dalam keadaan kholid di dalamnya, bukankah kholid artinya mereka adalah kekal di dalam neraka? Para ulama di sini memiliki penjelasan dan juga pengarahan bahwasanya Al-khulud di dalam bahasa Arab terkadang maknanya adalah selamanya didalam neraka dan terkadang maknanya adalah al-khulud disini adalah tinggal di dalam neraka dalam waktu yang sangat lama sehingga dinamakan dengan khulud, mereka tinggal lama di dalam neraka dan ini adalah menunjukkan tentang adzab yang pedih yang diterima oleh orang yang membunuh tanpa hak.

Dan tinggal di dalam neraka sebentar, adzab dan kepedihan yang sangat, kita di dunia menaruh ujung jari kita di atas api dalam waktu satu detik saja kita tidak mampu atau kita merasa kepanasan, satu detik saja, lalu bagaimana kalau lebih daripada itu, sepuluh detik, satu menit, lima menit, itu baru neraka dunia. Dan disebutkan dalam hadits bahwasanya neraka yang ada pada kita di dunia ini itu adalah satu diantara tujuh puluh bagian neraka di akhirat, menunjukkan bahwasanya suhu api di sana jauh lebih tinggi daripada api yang ada di dunia ini, yang seperti ini saja kita tidak tahan lalu bagaimana seandainya suhunya dilipatgandakan menjadi tujuh puluh kali.

Seandainya seseorang berada dalam tempat tersebut satu hari saja maka ini adalah sesuatu yang sangat mengerikan, lalu bagaimana seandainya dia tinggal di sana dalam waktu yang sangat lama خَٰلِدٗا فِيهَا artinya adalah tinggal yang sangat lama, menunjukkan tentang bagaimana besarnya dosa orang yang membunuh tanpa hak, yang harusnya seseorang muslim takut dengan masalah ini, takut kepada Allāh ﷻ jangan sampai dia bermudah-mudahan didalam membunuh. Dan Allāhua’lam diantara sebab mudahnya seseorang melakukan pembunuhan di zaman sekarang adanya tontonan-tontonan yang di situ di ajarkan tentang kekerasan, pembunuhan, peperangan bahkan di dalam permainan-permainan juga di sana ada melatih atau mencontohkan kepada anak-anak kekerasan-kekerasan tersebut, sehingga sebagian mempraktekkan ini kepada temannya.

Satu orang misalnya karena mereka habis melihat tontonan yang di situ ada pengeroyokan dan seterusnya, satu orang temannya melakukan kesalahan kemudian di kroyok ramai-ramai, dipukulin ramai-ramai dan mereka tidak sadar ternyata temannya ini sudah terluka, kepalanya terluka ininya dan itu sehingga dia meninggal dunia, maka waspada seseorang dari permainan-permainan seperti ini. Kemudian خَٰلِدٗا فِيهَا, dia kekal di dalamnya

وَغَضِبَ ٱللَّهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهُ

Dan Allāh ﷻ akan marah kepadanya, dan disini syahidnya Allāh ﷻ akan marah kepadanya, menunjukkan bahwasanya di antara sifat Allāh ﷻ adalah Ghodhob, dan Ghodhob atau marah ini adalah sifat fi’liyyah yang berkaitan dengan Dzat Allāh ﷻ dan Dia termasuk sifat Khobariyyah, fi’liyyah khobariyah, Fi’liyyah karena dia berkaitan dengan Masyiatullah, Allāh ﷻ marah kepada siapa yang di kehendaki dan kapan Dia kehendaki, dan Dia termasuk sifat yang Khobariyyah karena sifat Ghodhob ini tidak bisa ditetapkan kecuali dengan dalil sehingga dia adalah sifat fi’liyyah khobariyyah.

وَلَعَنَهُ

Dan Allāh ﷻ melaknatnya.

Sebelumnya ketika kita menetapkan sifat ghodhob (marah) bagi Allāh ﷻ maka kita menetapkan sifat ghodhob tersebut, marah tersebut sesuai dengan keagungan Allāh ﷻ, tidak sama dengan marah yang dimiliki oleh makhluk. Sebagian Ahlul bid’ah mereka menolak sifat ghodhob, ada yang menafikannya seperti mu’tazilah, ada yang menta’wilnya dengan irodah, lagi-lagi mereka menta’wilnya dengan irodah yaitu keinginan untuk mengadzab, mereka ta’wil dengan irodah mengatakan bahwasanya ghodhob (marah) inikan yang namanya marah itukan mendidihnya darah padahal Allāh ﷻ kan tidak punya darah kata mereka, sehingga kalau kita mensifati Allāh ﷻ dengan Ghodhob berarti kita mensifati bahwasanya Allāh ﷻ punya darah dan seterusnya, dan darah tersebut mendidih kemudian terjadilah yang dinamakan dengan marah, maka ini ucapan yang bathil.

Tidak meladzimkan ketika kita mensifati Allāh ﷻ dengan Ghodhob bahwasanya Allāh ﷻ memiliki apa yang dimiliki oleh makhluk berupa darah, kita katakan Allāh ﷻ marah sesuai dengan keagungannya tidak sama dengan marahnya makhluk, makhluk mereka marah dan Allāh ﷻ memiliki sifat marah dan marahnya Allāh ﷻ tidak sama dengan marahnya makhluk. Didalam Al-Quran Allāh ﷻ mengatakan

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ يُنَادَوۡنَ لَمَقۡتُ ٱللَّهِ أَكۡبَرُ مِن مَّقۡتِكُمۡ أَنفُسَكُمۡ

[Ghafir:10]

Sesungguhnya orang-orang yang kafir akan dipanggil, sungguh kemarahan Allāh ﷻ lebih besar daripada kemarahan kalian terhadap diri kalian sendiri.

Jadi saat itu orang-orang kafir mereka benci dan marah terhadap diri mereka sendiri, menyesal karena mereka di dunia mengikuti hawa nafsunya, tidak beriman, kufur, akhirnya di hari tersebut, di hari kiamat mereka marah pada diri mereka sendiri dan kemarahan Allāh ﷻ kepada mereka lebih besar, ini menunjukkan bahwasanya makhluk juga memiliki sifat maqt. Dan Allāh ﷻ mengatakan

وَلَمَّا رَجَعَ مُوسَىٰٓ إِلَىٰ قَوۡمِهِۦ غَضۡبَٰنَ أَسِفٗا

Dan ketika Musa kembali kepada kaumnya dalam keadaan ghodhban (dalam keadaan marah) أَسِفٗا (dengan marah yang sangat)

قَالَ بِئۡسَمَا خَلَفۡتُمُونِي مِنۢ بَعۡدِيٓۖ

[Al-A’raf:150]

Beliau mengatakan sungguh jelek apa yang kalian lakukan setelahku (karena mereka menyembah patung seekor sapi).

Berarti makhluk memiliki sifat ghodhob tapi beda antara ghodhob yang dimiliki oleh Allāh ﷻ dengan ghodhob yang dimiliki oleh makhluk, ini qaidah akan terus berulang-ulang, itsbat bi la tamtsil, kita menetapkan tanpa kita menyerupakan, dan tanzih bi la ta’til, kita mensucikan tanpa kita meniadakan, tanpa kita menafikan sifat-sifat Allāh ﷻ.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى