Halaqah 02 ~ Pengantar Al-Ushulu Ats-Tsalasah (Bagian 02) | HSI BA

📘 Silsilah Ilmiyyah Belajar Aqidah
🔊 Halaqah 02 ~ Pengantar Al-Ushulu Ats-Tsalasah (Bagian 02)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

 
Dan sebelum beliau memulai membahas tentang 3 Landasan Utama sebelumnya beliau memberikan muqoddimah dari kitab ini, pembukaan yang sangat bermanfaat beliau menyebutkan diawal muqoddimahnya tentang tafsir dari surat Al Ashr, beliau mengatakan

بسم الله الرحمن الرحيم
 
Dengan menyebut nama Allah – الرحمن – dan – الرحيم-

Dan disini beliau memulai kitabnya dengn basmallah karena mengikuti Allah Subhanahu wa Taala ketika Allah memulai kitabNya yaitu Al-Quran dengan Basmallah, demikian pula mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah ﷺ ketika beliau mengirim surat² dakwah kepada sebagian Raja² para penguasa yang ada di zaman beliau ﷺ beliau memulai suratnya denga Basmalah.

Dan ب didalam kalimat Bismillah ini adalah ب al Isti’anah ب yang isinya memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Taala bismillah – ismullah nama Allah, maksudnya Nama² Allah Subhanahu wa Taala ism disini adalah mufrod didalam bahasa Arab itu kalimat yang tunggal/kata yang tunggal apabila disandarkan maka ini adalah mencakup seluruh nama, jadi tidak hanya mencakup 1 nama Allah saja tetapi mencakup seluruh Nama Allah Subhanahu wa Taala yang dinamakan dengan Asmaul Husna.

Apabila seseorang mengatakan bismillah berarti dia telah beristianah/memohon pertolongan dengan menyebut seluruh nama Allah Subhanahu wa Taala, bukan hanya Lafudzalallah yaitu Allah, bukan hanya – الرحمن- bukan hanya – الرحيم – tetapi dengan seluruh nama Allah Taala.

Lafduzalallah Allah adalah nama Allah yang paling A’dzom /yang paling besar, dimana Nama²yang lain ini disandarkan kepada Lafduzalallah ini . Seseorang mengatakan – الرحمن – adalah nama diantara nama Allah – الرحيم – adalah nama diantara nama Allah dan tidak mengatakan Allah adalah nama diantara nama² – الرحمن – karena Lafduzalallah yaitu Allah adalah nama yang paling besar nama² yang lain yaitu – الرحمن ،الرحيم، الملك…- nama² yang lain disandarkan kepada Lafduzalallah ini, dan Allah atau Lafduzalallah berasal dari al Illah atau al Uluhah yang artinya adalah ibadah Allah adalah al Ma’lum dan arti al Ma’lum adalah al Ma’bud yang disembah

وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ

Dan Dia adalah Allah yang disembah baik dilangit maupun di bumi

Dilangit disembah oleh para Malaikat, dan dibumi disembah oleh orang² yang beriman. – الرحمن – yang artinya Yang Maha Penyayang, diambil dari kata Rohmah kasih sayang Allah Subhanahu wa Taala diantaranya adalah – الرحمن – dan tidak boleh makhluk memiliki nama – الرحمن – yang mengandung sifat Rohmah demikian pula – الرحيم -artinya adalah Maha Penyayang dan Allah memiliki sifat Rohmah.

Dan perbedaan antara – الرحمن – dengan – الرحيم – diantaranya disebutkan oleh para ulama bahwasanya- الرحمن – mengandung sifat rohmah yang menyeluruh untuk seluruh makhlukNya termasuk diantaranya orang² kafir mereka mendapatkan rizki, makanan, harta, minuman, rizki anak, istri ini semua adalah bagian dari rahmat Allah Subhanahu wa Taala namun bukan khusus orang yang beriman Allah berikan juga kepada orang² yang kafir, adapun – الرحيم – maka mengandung sifat rohmah yang khusus untuk orang² yang beriman seperti misalnya hidayah, petunjuk jalan yang lurus, nikmat keimanan, nikmat beramal sholeh.

Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا
 
[QS Al-Ahzaab 43]
Allah Subhanahu wa Taala Rahim kepada orang² yang beriman

الله تعالى أعلم

وصلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه أجمعين
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

 
Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى