Halaqah 190 ~ Ahlus Sunnah Menasihati Kaum Muslimin sebagai Wujud Ibadah

Halaqah 190 ~ Ahlus Sunnah Menasihati Kaum Muslimin sebagai Wujud Ibadah

📘 Halaqah Silsilah Ilmiyah – Al ‘Aqidah Al Wasithiyyah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن وله


Halaqah yang ke-190 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Pembahasan Kitāb Al-‘Aqīdah Al-Wāsithiyyah yang ditulis oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullāh.

Bagaimana Ahlus Sunnah wal Jamā’ah, mereka beribadah beragama kepada Allāh ﷻ dengan memberikan النَّصِيحَةِ للأُمَّةِ

Beliau mengatakan:

وَيَدِينُونَ بِالنَّصِيحَةِ للأُمَّةِ

Dan mereka (Ahlus Sunnah wal Jamā’ah).

Yadīnūn (يَدِينُونَ).

Makna يَدِينُونَ yakni يتعبد mereka beribadah kepada Allāh ﷻ, menganggap ini adalah sebuah ibadah yang dengannya mereka mengharap pahala dari Allāh ﷻ dengan cara بِالنَّصِيحَةِ للأُمَّةِ.

Dengan cara memberikan النَّصِيحَةِ للأُمَّةِ dan An-Nashihah (النَّصِيحَةِ) secara bahasa artinya adalah Al-Khulush (الخلص) atau membersihkan, memurnikan.

Orang Arab mengatakan نَصَحْت الْعَسَلَ maksudnya adalah Aku bersihkan madu.

Dan sudah berlalu bahwasanya maksud membersihkan di sini adalah membersihkan dzhahir dan juga bathin.

Maka Ahlus Sunnah wal Jamā’ah yang mereka memiliki aqidah yang kokoh mereka beribadah kepada Allāh ﷻ dengan cara membersihkan dzhahir dan bathin mereka للأُمَّةِ (untuk umat ini).

Dan yang dimaksud dengan ummat (أُمَّة), bisa yang dimaksud adalah Ummatul Ijabah (أمة الإجابة) atau Ummatul Da’wah (أمة الدعوة).

Dan Allāhu a’lam, karena di sini setelahnya disebutkan tentang المُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ – مَثَلُ المُؤْمِنِينَ
berarti yang dimaksud adalah Ummatu Al-Ijabah (أمة الإجابة). Ummatul ijabah (أمة الإجابة), yaitu ummah yang mengijabahi dakwah Rasūlullāh ﷺ.

Jadi dzhahir mereka bersih kepada orang Islām dan orang yang beriman tidak menzhalimi mereka dengan perbuatan atau dengan ucapan bahkan berbuat baik kepada mereka dan sebisa mungkin memberikan kebaikan kepada mereka. Dan bathin mereka juga demikian bersih dari berbagai penyakit hati, su’udzhan atau hasad, iri dengki, dendam dan mereka melakukan itu semua bukan karena ingin dipuji oleh manusia tetapi karena ingin mengharapkan pahala dari Allāh ﷻ.

Itu adalah sifat dan sikap seorang Ahlus Sunnah wal Jamā’ah, karena mungkin ada sebagian orang senyum kepada orang lain tapi tujuannya adalah karena ingin mendapatkan dunianya. Mendekatkan diri kepada orang tersebut untuk mendapatkan dunianya. Ini bukan Lillāh.

Ahlus Sunnah wal Jamā’ah tersenyum kepada saudaranya dan melakukan itu karena Allāh ﷻ, karena Nabi ﷺ memerintahkan,

وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Dan engkau bertemu dengan saudaramu dalam keadaan wajahmu berseri-seri.”

Berarti mereka melakukan itu semua mengharapkan pahala dari Allāh ﷻ, itu menunjukkan kepada kita ibadah bukan hanya sekedar melakukan ibadah-ibadah yang mahdhah, seperti shalat, puasa Ramadhān, melakukan zakat. Tapi di sana ibadah yang berupa memberikan nasihat kepada umat.

Dan makna nasihat di sini jangan kita artikan dengan nasihat yang ada dalam bahasa kita, karena dalam bahasa kita seseorang memberikan nasihat maksudnya adalah memberikan wejangan, memberikan pengarahan, tapi dalam bahasa Arab nasihat itu lebih umum daripada ini, dia adalah membersihkan dzhahir dan juga bathin kita (لِلْمَنْصُوْحِ لَهُ) untuk yang dinasihati

Sehingga ketika Nabi ﷺ ditanya ketika Beliau ﷺ mengatakan (الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ) Agama adalah nasihat.

قُلْنَا : لِمَنْ ؟

Kami berkata, “Untuk siapa wahai Rasūlullāh ﷺ?”

للهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ

“Untuk Allāh ﷻ, untuk Kitab-Nya, untuk Rasūl-Nya dan untuk Imam-imam kaum muslimin dan juga orang-orang umum di antara mereka.”

Dan ini kalau kita perhatikan maka nasihat maknanya bukan memberikan pengarahan. Bagaimana memberikan pengarahan kepada Allāh ﷻ, kepada Rasūl. Bukan itu maknanya! Maksudnya adalah membersihkan dzhahir dan bathin kita.

Demikian Ahlus Sunnah wal Jamā’ah, mereka memiliki sifat beribadah kepada Allāh ﷻ dengan cara memberikan nasihat kepada umat.

Dan di dalam sebuah hadīts Nabi ﷺ,

لَمْ يَهْتَمَّ بِأَمْرِ المُسْلِمِيْنَ فَلَيْسَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa yang tidak memperhatikan keadaan dan urusan kaum muslimin, maka dia bukan termasuk mereka.”

Ucapan seperti ini (فَلَيْسَ مِنْهُمْ) maka bukan termasuk mereka, menunjukkan kewajiban kita untuk memiliki sifat ini. Yaitu kita memikirkan keadaan kaum muslimin. Jangan kita menjadi orang yang ego tidak memikirkan keadaan orang lain dan termasuk perhatian kita terhadap kaum muslimin adalah berdakwah dan mengajak mereka kepada jalan yang benar.

Ini adalah Ihtimam (اِهْتِمَام) perhatian kita terhadap kaum muslimin. Karena seseorang yang mau berdakwah harus menuntut ilmu maka kita harus menuntut ilmu terlebih dahulu. Jadi jangan dikira orang yang menyibukkan diri dengan menuntut ilmu kemudian dianggap orang yang tidak peduli dengan orang lain.

Karena sebagian orang demikian anggapannya, belajar terus. Kapan mau membantu orang Islām? Kapan mau terjun meringankan beban orang lain? Padahal seseorang yang ingin membantu orang lain maka di antara bantuan dia yang paling besar adalah menyelamatkan dia dari kesesatan dan dibawa ke alam yang terang benderang yaitu dengan cara dakwah dan dakwah tidak mungkin kecuali dengan ilmu agama.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A حفظه لله تعالى